Guna Merampungkan Data Mahasiswa di PDDikti, BAKP Untad Laksanakan Rapat Koordinasi Administrasi Akademik

Ket. Foto: Suasana Pelaksanaan Rapat Koordinasi Administrasi Akademik (Foto: Junaidi/MT)

Jum’at (14/02) – Bertempat di Gedung Media Center Untad, Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Universitas Tadulako (Untad) laksanakan Rapat Koordinasi Administrasi Akademik terkait dengan Validasi dan Penyempurnaan Data Mahasiswa di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Rapat yang diadakan oleh BAKP tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kepala BAKP, Kasubag Akademik BAKP, Kasubag Akademik Pascasarjana, Kasubag Akademik Fakultas, Operator PDDikti BAK, Operator PDDikti Prodi Pascasarjana, Operator PDDikti Prodi Fakultas, Operator Siakad BAKP, Operator Siakad Pascasarjana, Operator Siakad UPT TIK.

Dalam sambutannya membuka pelaksanaan rapat, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin MHum menyampaikan bahwa penyempurnaan data mahasiswa yang ada di PDDikti sangat penting dan harus segera dituntaskan.

“Seiring dengan keluarnya Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 bahwa validasi dan penyempurnaan data mahasiswa yang ada di PDDikti menjadi salah satu basis penilaian akreditasi pada suatu program studi ataupun Perguruan Tinggi. Tentunya ini adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Olehnya, saya menginginkan agar kita semua bisa bekerja sama terkait hal ini sehingga bisa terselesaikan tepat waktu,” tutur Dr Lukman.

Dalam rapat tersebut, Kepala BAKP, Rudy Gosal SE MSi, mengungkapkan bahwa validasi dan penyempurnaan data mahasiswa di PDDikti itu berpengaruh terhadap penomoran ijazah nasional tiap mahasiswa.

“Penyempurnaan data mahasiswa ini sangat penting. Sebab akan berpengaruh nantinya terhadap penomoran ijazah nasional tiap mahasiswa. Pada tahun 2021, penomoran ijazah nasional itu sudah harus dikeluarkan oleh kementerian dan tidak lagi dikeluarkan oleh perguruan tinggi masing-masing. Maka, langkah yang musti dilakukan sekarang adalah  penyempurnaan data mahasiswa di PDDikti agar pada tahun 2021 nanti para mahasiswa itu dapat menerima penomoran ijazah nasional tanpa kendala,” ungkap Rudy Gosal.

Rudy Gosal berharap UPT TIK dan juga seluruh operator bisa saling kerja sama dalam hal validasi dan penyempurnaan data ini di Sistem Akademik (Siakad).

“Untuk penyempurnaan data ini memang ada sedikit kendala di siakad, salah satunya adalah kesalahan informasi kode mata kuliah, sehingga tidak bisa sinkron ke feeder. Nah itu yang harus diselesaikan nanti. Sebenarnya hanya itu saja, kalau itu sudah selesai saya kira semuanya bisa berjalan dengan baik. Saya sangat berharap adanya kerjasama antara UPT TIK dengan para operator untuk menyempurnakan data mahasiswa. Ini juga merupakan harapan dari rektor kita yang dia sampaikan ke saya,” tutur kepala BAKP.

Rencananya BAKP akan kembali berkoordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Akademik  untuk mengadakan rapat susulan terkait administrasi akademik dengan menghadirkan para pengambil kebijakan di tiap fakultas mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi hingga Operator dan Operator Fakultas. Jn/Sym

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here