International Office Tingkatkan Minat Mahasiswa dan Alumni Untuk Studi di Korea

Ket. Foto: Suasana Kegiatan Sosialisasi di Conference Room Media Center Untad (Foto: Awan Afrialdi/MT)

Tingkatkan minat mahasiswa dan alumni untuk studi di Korea, International Office Universitas Tadulako (Untad) gelar sosialisasi program pertukaran mahasiswa ke Perguruan Tinggi (PT) di Korea pada Rabu (05/02) bertempat di Conference Room gedung Media Center Untad.

Kegiatan tersebut menghadirkan CEO Indonesia Korea Culture & Study (IKC&S), Chirst Chang BSc dan Curiculum Coordinator of IKC&S, Terry Chang SE MPd sebagai pemateri. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama (Warek Banjas), Prof Dr Amar ST MT dan dihadiri oleh 203 peserta dari dosen, mahasiswa dan alumni Untad.

Dalam sambutannya, Prof Amar menyampaikan bahwa Pihak Untad dan IKC&S sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjalin kerja sama dengan beberapa PT yang ada di Korea

“Tadi pagi kami bersama Pak Rektor sudah menandatangani MoU dengan pihak IKC&S, ini merupakan penendatangan pertama dan akan menjadi jembatan bagi kita untuk nantinya melaksanakan kerja sama dengan beberapa Universitas yang ada di Korea,” ujarnya

Kemudian, ia menuturkan bahwa ada beberapa program kerja sama yang akan dikembangkan oleh Untad dan IKC&S serta Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Sulawesi Tengah (Sulteng) demi kemajuan dalam beberapa sektor ke depannya.

“Ada beberapa program yang akan dikembangkan nantinya, yaitu terkait dengan penguatan kerja sama dengan PT yang ada di Korea, menjembatani program kerja sama antar Pemda Korea dan Pemda yang ada di Indonesia khususnya Sulteng, memfasilitasi pengembangan bahasa Korea, memfasilitasi program magang untuk kalangan pemuda, mahasiswa dan dosen, membangun jaringan kerja sama budaya antara Indonesia dan Korea, dan menyediakan informasi beasiswa PT yang ada di Korea,” tuturnya.

Sementara itu, Mukrim MEd PhD selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari pertemuan sebelumnya dengan pihak IKC&S terkait program-program yang ditawarkan oleh PT di Korea.

“Kegiatan hari ini merupakan follow up dari pertemuan sebelumnya dengan pihak IKC &S, dimana untuk memberikan informasi yang lebih konferhensif mengenai program-program yang ditawarkan oleh PT di Korea melalui IKC&S kepada mahasiswa dan alumni Untad. Serta program lain yang melibatkan kerjasama Untad dan beberapa Universitas di Korea,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengakomodasi keinginan mahasiswa dalam mempelajari budaya dan bahasa Korea serta menjadi bekal bagi mereka kedepan jika ingin melanjtkan studi di Korea. AW