SNMPTN 2020, Untad Siapkan 8380 Kuota

Ket. Foto: suasana saat konferensi pers Warek Bidak didampingi Kepala UPT TIK Untad bersama Humas LTMPT Untad, bersama awak media (Foto: Ryan Muhamad, S.Ak/Humas Untad)

Universitas Tadulako (Untad) akan menerima 8.380 orang dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak), Dr Lukman Nadjamuddin MHum, didampingi Dr Nurhayadi MSi selaku Kepala UPT TIK Untad bersama Humas LTMPT Untad,Yutdam Mudin, SSi, pada konferensi pers terkait SNMPTN 2020 di Rektorat Untad, lantai 1.

Dalam penyampaiannya, Dr Lukman menjelaskan secara detail proses pendaftaran SNMPTN tahun ini. Katanya, tidak ada yang berbeda dengan tahun kemarin. Hanya ada beberapa yang disesuiakan.

“Jalur penerimaan mahasiswa baru program sarajana pada seluruh PTN termasuk Untad tahun 2020 akan melewati beberapa tahap, yakni 1) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio mahasiswa. 2) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) yang terdiri dari tes potensi skolatik  (TPS) dan tes kompetensi akademik (TPA), dan informasi resmi tentang penerimaan mahasiswa ini dapat diakses https://ltmpt.ac.id/,” jelas Warek Bidak.

Masih dalam penyampaian Dr Lukman, daya tampung 8.380 orang tersebut terdistribusi pada 3 jalur, yakni SNMPT 2116 orang, SBMPTN 3823 orang, dan SMMPTN 2441 orang. Keseluruhan tersebut tersebar pada 51 program studi, termasuk Program studi Teknik Lingkungan.

“Saat ini penerimaan mahasiswa baru sedang dalam tahapan pemasukan nilai-nilai dan peremingkatan siswa oleh sekolah untuk jalur SNMPTN. Hal itu telah dimulai sejak tanggal 15 Januari sampai tanggal 8 februari 2020,” imbuh Dr Lukman.

Pada waktu yang sama, Yutdam Mudin menegaskan agar sekolah-sekolah dan semua yang akan mendaftar Seleksi Masuk Perguruan Tinggi tidak mengulur-ngulur waktu dalam melakukan pendaftaran dan hal-hal terkait hal tersebut.

“Kami ingin menyampaikan agar sekolah-sekolah dan semuanya, tidak menunda-nunda dalam mengisi data. Karena seringkali ganguan signal, bahkan sistemnya dapat eror. Sehingga akan menghambat proses pendaftan. Oleh karena itu, kami menghimbau untuk diselesaikan sesegera mungkin,” tegas Yutdam.

Siswa yang masuk dalam pemeringkatan dan layak dalam mendaftar SMPTN akan diumumkan di masing-masing akun siswa, lalu siswa tersebut untuk mendaftar SNMPTN 2020 pada tanggal 14 s.d 27 Februari 2020. Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN akan diumumkan pada 4 April 2020.

Peserta yag lulus di Untad, dihimbau untuk mengakses https:untad.ac.id untuk mendapatkan informasi mengetahui pendaftaran ulang. Sn

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here