Tingkatkan Sikap Amanah, Elsam FMIPA Laksanakan Oprec Pengurus

Ket Foto: Adhela Fransiska, Ketua umum eLSAM FMIPA UNTAD periode 2020-2021 (Foto: Dok. Pribadi)

Lembaga Studi Advokasi Mahasiswa (eLSAM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) baru saja melaksanakan Open Recruitment (OPREC) pengurus periode 2020-2021, pada Senin s.d Rabu ( 27/01 – 05/02) bertempat di Sekretariat eLSAM FMIPA.

Ditemui reporter Media Tadulako Adhela Fransiska selaku ketua eLSAM menuturkan bahwa, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mencari tim yang amanah dan bisa bekerja sama dalam kepengurusan baru. Serta dapat memberi pemahaman mengenai fungsi dan tujuan dari eLSAM khususnya untuk mahasiswa di lingkungan FMIPA.

“Alasan diadakan oprec pengurus itu untuk menyaring mahasiswa yang peduli dengan bergabung  menjadi tim dalam lembaga ini, yang mampu bekerja sama dan amanah. Selanjutnya ingin memberi pemahaman kepada mahasiswa FMIPA  dan mengembalikan nama eLSAM. Dimana saat ini, di lingkungan FMIPA mahasiswanya kurang memahami fungsi dan tujuan dari eLSAM itu sendiri. Sehingga masyarakat FMIPA itu ke depannya akan bisa paham tentang fungsi dari eLSAM,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa di kepengurusan baru akan ada program kerja (proker) yang menarik, yaitu kotak saran yang akan disebar di setiap jurusan.

“Di kepengurusan ke depannya akan dimasukkan proker kotak saran. Kotaknya akan disebar ditiap juusan dan sebagai tempat mahasiswa memberikan saran dan itu sebagai introspeksi untuk lembaga, serta kotak tersebut dapat menjadi tempat bercerita mahasiswa tentang masalah yang dihadapi. Kemungkinan di Fakultas MIPA ada pengguna narkoba yang ingin berhenti, tapi selalu gagal mencobanya. Nah disini eLSAM bisa menjadi wadah untuk membantu hal tersebut, karena eLSAM ini lembaga Advokasi yang bergerak di bidang HIV/AIDS, Kespro, NAPZA, dan PMS,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal selaku Koordinator Bidang Advokasi berharap ke depannya para pengurus yang terpilih akan memiliki jiwa loyalitas tinggi. Sehingga ke depannya eLSAM bisa lebih unggul dan peduli terhadap HIV/AIDS, narkoba dan penyakit reproduksi. Serta eLSAM akan melakukan kerja sama dengan lembaga pemerintah.

“Ditargetkan para pengurus yang terpilih bisa menjadikan lembaga eLSAM yang lebih unggul  dan punya jiwa loyalitas tinggi. Selanjutnya eLSAM akan fokus untuk peduli terhadap penyakit HIV/AIDS, narkoba, dan penyakit Reproduksi. Ke depannya akan diusahkan bekerja sama dengan BNN, PMI dan PKBI,” tuturnya. Er