FKM Bentuk Tim Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa

Keterangan Foto: Foto bersama dosen dan pegawai FKM (Foto: Dokumentasi penyelenggara)

Senin (09/03) – Berdasarkan SK Rektor No 2927/UN28/KP/2020, untuk pertama kalinya Tim Percepatan Penyelesaian Studi FKM resmi dibentuk. Bertempat di Theater Room Universitas Tadulako, kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa FKM dan para dosen.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor (Warek) Universitas Tadulako (Untad) Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamudin menuturkan bahwa hal ini didasari atas progress wisuda yang terdata dari mahasiswa FKM yang berjumlah 4 orang. Oleh karenya, perlu upaya-upaya untuk mendorong mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Salah satunya melalui Tim Percepatan Penyelesain studi dalam mengambil langkah-langkah yang profesional, namun tetap mengacu kepada aturan-aturan akademik.

“Alhamdulillah, kita dipertemukan dalam serangkaian untuk menyamakan persepsi mengenai percepatan penyelesaian studi. Di FKM terindikasi terjadi keterlambatan dalam penyelesaian studi. Dari hasi pengamatan kami, salah satu facktor penyebabnya adalah pada saat proses bimbingan. Mahasiswa lambat, bisa jadi karena dosen yang kurang responsive dan sebaliknya. Olehnya, membangun komunikasi dan interaksi antara dosen dengan dosen, dosen dan mahasiswa, serta sesama mahasiswa,” jelasnya

Dr Lukman menambahkan bahwa batas penyelesaian studi untuk mahasiswa 2014 adalah per 31 Agustus 2021. Ia mengimbau untuk mahasiswa, terutama mahasiswa semester akhir yang memiliki kendala agar memanfaatkan tahun ini untuk segera menyelesaikan masalahnya. Selanjutnya, Ia berharap para dosen dan mahasiswa dapat membangun komunikasi baik.

“Untuk mahasiswa yang memiliki kendala, seperti SKS yang belum mencukupi agar memanfaatkan tahun untuk menyelesaikan masalah tersebut. Harapannya, para dosen dan mahasiswa dapat membangun komunikasi yang baik, sehingga ketika ada masalah bisa saling membantu menemukan solusi. Menyelesaikan masalah, tanpa masalah,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr Rosmala Nur MSi selaku Ketua Tim Percepatan Penyelesaian Studi mahasiswa FKM mengatakan, bahwa tim tersebut bertugas untuk membantu kelancaran nilai dan mata kuliah mahasiswa, tugas akhir, kurikulum serta seluruh yang terkait dengan akademik, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Ia mengimbuhkan timnya telah melaksanakan rapat internal pada Jumat (06/03) untuk mengidentifikasi terkait masalah mahasiswa yang ada di angkatan 2013,2014,2015, 2016, dan 2017.

“Melihat jumlah wisuda mahasiswa FKM yang tidak signifikan jumlahnya, tim ini akhirnya dibentuk. Kami juga sudah memiliki target 50% untuk mahasiswa FKM wisuda tahun ini dan penyelesaiannya studi tepat waktu yaitu 3 tahun 6 bulan” tukasnya.

Lebih lanjut, Dr Rosmala Nur berharap dengan adanya Tim Percepatan Penyelesaian Studi dapat membantu mahasiswa FKM lulus tepat waktu dan iklim akademik kita semakin baik. NSD

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here