KINESIK FISIP Untad Angkat Isu Sosial Lewat Kegiatan Inaugurasi

Ket. Foto: Foto bersama panitia penyelenggara kegiatan (Foto: Panitia Penyenggara)

Komunitas Intelektual Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KINESIK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) angkatan 2019 angkat isu sosial bertajuk TEMBAK (Teknologi Mengubah Budaya Kita) lewat kegiatan Inaugurasi 2019 pada Sabtu (29/02) bertempat di Bukit Puri Tadulako, Vatutela. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dr Ilyas SSos MIKom selaku Koordinator Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi.

Dalam sambutanya, Dr Ilyas sangat mengapresiasi tema yang diangkat pada kegiatan inaugurasi tahun ini, karena mengangkat isu sosial yang terjadi akibat kemajuan teknologi terutama dalam penggunaaan internet.

“Saya terkesan dengan tema yang diangkat malam ini, ini memang suatu tema yang barangkali menjadi hal yang patut kita cermati. Kita sekarang disibukkan oleh teknologi, sehingga ini mengubah perilaku individu. Misalnya orang-orang sekarang lebih asik di dunia maya dibandingkan di dunia nyata, dan hal tersebut kita bisa menyebutnya mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang dekat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa teknologi sebenarnya bersifat netral, karena semua itu tergantung dari masing-masing individu dalam memanfaatkannya. Ia juga menghimbau kepada seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya.

“Teknologi itu plus minus, dan sekarang tinggal kita yang manfaatkan untuk kepentingan yang positif. Maka gunakanlah teknologi untuk belajar dan mencari pembelajaran yang bermanfaat bagi kehidupan kita kedepannya,” tambahnya.

Pada Kesempatan yang sama, Moh Rizaldi selaku ketua KINESIK Periode 2020 mengungkapkan bahwa Inaugurasi ini adalah rangkaian dari Penerimaan Mahasiswa Program Studi (PMPS) berupa pergelaran karya dari Badan Semi Otonom (BSO) yang ada di KINESIK.

“Kegiatan ini adalah kegiatan yang merupakan follow up dari rangkaian PMPS, maka dari itu kami menyuguhkan beberapa karya-karya dari BSO yang ada di KINESIK angkatan 2019, yakni BSO Sinematografi, BSO Broadcasting, BSO Public Speaking, BSO Fotografi, dan BSO Desain Grafis,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar seluruh tamu undangan bisa menikmati kegiatan tersebut dan mengapresiasi karya-karya mahasiswa yang telah disuguhkan.

“Harapan saya seluruh yang hadir agar have fun, Jangan ada yang cemberut karena sebaik-baiknya kegiatan tidak ada yang sempurna, Karena yang ada adalah kegiatan yang dimaksimalkan berdasarkan usaha teman-teman sekalian.  Pesan saya sebaik apapun karya yang diciptakan pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka,” harap Rizaldi.

Sementara itu, Dhani selaku Ketua Panitia Inaugurasi mengatakan bahwa selain menampilkan kreatifitas mahasiswa dalan bentuk karya, kegiatan tersebut juga sebagai malam keakraban untuk mempererat solidaritas antar mahasiswa baru dan menjalin hubungan yang baik kepada senior dan alumni Ilmu Komunikasi FISIP Untad. AW