Kuliah Tamu Prodi Ilmu Komunikasi Hadirkan Praktisi Radio Swasta Palu

Ket. Foto: (Kiri-kanan) Dr Stephanus Bo’do, SSos., MSi., Michael V. Runtuwene, Rini Chistina, Andi Akifah, SSos., MICTM, dan Dr Ilyas, SSos., MIKom (Foto: dok. Panitia Pelenggara)

Jumat (28/02) – Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) hadirkan Michael V. Runtuwene selaku General Manager dan Rini Christina selaku Head of Office MS Radio 98,3 FM dalam kuliah tamu yang bertempat di Studio Untad TV. Kegiatan tersebut mengusung tema “Membentuk Insan Radio Profesional”.

Ditemui Reporter Media Tadulako, Dr Ilyas SSos MIKom selaku Ketua Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi menuturkan bahwa tujuan kuliah tamu tersebut untuk memberikan perkuliahan yang tidak monoton teori. Selain itu, Ia akan mendatangkan beberapa praktisi di bidang komunikasi lainnya.

“Tujuan kuliah tamu ini sebetulnya untuk memberikan perkuliahan yang tidak monoton teori, tetapi juga praktik dengan menghadirkan praktisi yang memang ahli di bidang tertentu agar mahasiswa memiliki pengalaman praktis. Saya juga akan mendatangkan beberapa praktisi di bidang pertelevisian, humas, dan start-up,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr Ilyas mengimbuhkan kuliah tamu tersebut merupakan bagian dari Workshop Series yang akan terus berlanjut. Ia berharap melalui kegiatan ini mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak hanya memiliki kemampuan teoritik, tetapi juga ditunjang dengan skill yang mumpuni. . Karena merupakan Program Studi semi praktis, 60% teori dan 40% praktikum bahkan bisa sampai 50%.

Pada kesempatan yang sama, Dr Stephanus Bo’do SSos MSi salah satu dosen Prodi Ilmu Komunikasi selaku narasumber mengungkapkan bahwa mahasiswa membutuhkan informasi real dari situasi di penyiaran melalui orang-orang yang sudah berkecimpung dalam bidang penyiaran. Ia mengatakan dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa dapat menambah wawasan teoritis dan praktis sekaligus.

“Mahasiswa membutuhkan informasi real dari situasi di penyiaran melalui orang-orang yang sudah berkecimpung dalam bidang penyiaran, sehingga kehadiran kedua narasumber tersebut dapat menambah wawasan teoritis dan praktis sekaligus bagi mahasiswa,” ucapnya.

Diakhir wawancara Dr Stephanus berharap kegiatan seperti ini dapat berlangsung secara continue dan memotivasi mahasiswa untuk menemukan minat dan passionnya, kemudian mengembangkan pengetahuannya serta dapat berpikir kreatif. NSD

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here