Menuju Akreditasi Fakultas, FKIP Adakan Workshop

Ket. Foto: Pembukaan workshop akreditasi FKIP (Foto: Dok. Sulis/TIK FKIP)

Menuju akreditasi Program Studi (Prodi) unggul, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Tadulako (Untad) laksanakan workshop, yang diikuti oleh 108 dosen, baik dari tim borang fakultas serta tim borang Prodi Fisika dan Kimia, di Aula Fakultas Kedokteran, pada Rabu-Kamis (19-20/02).

Ratman SPd MSi selaku penanggung jawab kegiatan  menuturkan, pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dengan menghadirkan Prof Dr Ir Mursalim, Asessor Badan Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Hasanuddin, sebagai narasumber.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi karena adanya dua program studi FKIP yang telah mengirim dokumen borang akreditasi, yang diminta untuk melakukan perbaikan data, yang kemudian akan dikirim lagi. Juga beberapa prodi di lingkungan FKIP yang sudah harus menggunakan sembilan standar kriteria yang sebelumnya hanya tujuh,” tuturnya.

Selain itu Ratman menuturkan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan karena melihat adanya peluang, prodi-prodi di FKIP yang berpotensi memperoleh akreditasi yang unggul.

“Kegiatan ini juga bertujuan agar menciptakan peluang bagi prodi lain dalam meningkatkan akreditasnya, melihat setiap prodi di FKIP sangat berpotensi untuk memperoleh akreditasi unggul dengan hasil yang unggul,” jelasnya.

Senada dengan itu Dekan FKIP, Dr H Anshari Syafar MSc dalam sambutan pembukaannya, mengatakan bahwa selain untuk mengejar akreditasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyatukan persepsi, juga ide-ide untuk FKIP yang lebih unggul.

“Hadirnya kita di sini dengan satu tujuan yaitu untuk mendapatkan akreditasi unggul. Tapi tak hanya itu disini kita juga harus menyatukan persepsi, juga ide yang dapat membangun dan meningkatkan FKIP, menjadi lebih unggul,” jelasnya.

Dr Anshari juga mengajak semua Koordinator Prodi di FKIP untuk dapat membangun kerja sama serta kebersamaan dengan dosen, dalam menuju akreditasi.

“Semua koordinator Prodi diharapkan ikut melibatkan semua dosen, dalam membangun kebersamaan di Prodi untuk menyusun rancangan dan memobilisasi ide yang berkaitan dengan meningkatnya akreditasi, baik untuk prodi maupun fakultas,” ungkap Dr Anshari.

Diakhir sambutan, Dr Anshari berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan kedepannya membantu semua peserta yang hadir dalam meningkatkan akreditasi fakultas. Adr