Penambahan Data Pangkalan Dikti, Untad Laksanakan Updating

Ket. Foto: Penginputan data oleh admin setiap fakultas (Foto: Anggra/MT)

Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) dan Unit Pelayanan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK), Universitas Tadulako (Untad)  melaksanakan updating data dan penambahan data di Pangkalan Data Dikti ( PD DIKTI ) diikuti oleh seluruh admin fakultas maupun Program Studi (Prodi) di Gedung Media Centre Untad, pada Senin-Jumat (17-28/02).

Sukirman SKom MSi selaku Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Evaluasi BAKP mengatakan, updating dan penambahan data ke PD-DIKTI dilakukan karena adanya sebagian data mahasiswa yang belum terinput.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena sebagian data mahasiswa belum lengkap, ataupun tidak terinput. Bahkan beberapa mahasiswa datanya sama sekali belum masuk di PD DIKTI,” jelas Sukirman.

Sukirman juga  menjelaskan bahwa, updating data terlaksana di bulan ini karena pimpinan universitas mengajukan permohonan pembukaan pelaporan data, dan  telah disetujui oleh DIKTI walaupun sebelumnya DIKTI telah menutup tahun pelaporan.

“Permohonan kami untuk dibuka tahun pelaporan, karena selama ini telah ditutup oleh DIKTI jadi kita tidak bisa update dan setelah sekian lama menunggu akhirnya terbuka di bulan Februari,” tuturnya.

Proses updating dan penambahan data ini juga merupakan upaya penyempurnaan sistem informasi akademik (Siakad) karena data lama yaitu alumni maupun mahasiswa aktif telah dipindahkan di Siakad 2 Untad, dan terkoneksi sistem dengan PD DIKTI.

“Berbeda dengan siakad yang sebelumnya, kalau yang sekarang begitu data tersimpan dan tidak terkirim ke PD DIKTI berati ada data yang belum lengkap,” ungkap Sukirman.

Puluhan ribu data harus  diperbarui atau ditambah serta pelayanan siakad dibatasi agar para admin fakultas dan program studi bisa fokus dalam menginput dan jaringan tidak terganggu.

“Sampai di tanggal 28 Februari pelayanan kami batasi agar jaringan tidak down  dan supaya para admin bisa fokus dalam menginput puluhan ribu data ini,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak), Dr Lukman Mhum berharap agar dalam proses pelaksanaannya updating dapat berjalan dengan lancar, dan tak ada gangguan.

“Saya berharap agar proses updating yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik, tanpa adanya gangguan baik dari sistem maupun hal lainnya,” tutupnya. Adr/ Agr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here