Permantap Perkembangan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit, Faperta Untad Gelar Kuliah Tamu

Ket. Foto: Foto bersama usai kulah tamu (Foto: dok. Penyelenggara)

(Senin, 17/02)-“Perkembangan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Di Indonesia Saat Ini Dan Dimasa Yang Akan Datang”, itulah tema yang diusung pada kuliah tamu yang dilaksanakan  di Ruang Senat Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tadulako (Untad), dengan menghadirkan Bambang Luky Dewanto MSc selaku Head Of Learning and Education Of PT Hardaya Inti Plantations.

Dalam sesi materinya, Bambang menyampaikan bahwa potensi usaha perkebunan kelapa sawit sangat baik dan memberikan peluang keuntungan yang besar bagi masyarakat ke depannya. Sehingga diharapkan FAPERTA dapat melahirkan Sumber Daya Manusia yang dapat mengelola perkebunan kelapa sawit dengan benar sehingga keuntungan yang dihasilkan juga baik.

Lebih lanjut Bambang menuturkan bahwa lulusan Faperta Untad diharapkan dapat menjadi Agent Of Change atau orang-orang yang dapat membawa perubahan dan ide-ide cemerlang yang dapat membantu dalam pengembangan usaha ini.

“Kelapa  sawit ini merupakan Renewable Energy, jadi merupakan sumber daya yang dapat terus di kembangkan dan juga memiliki segudang keuntungan, sehingga lulusan Faperta Untad khususnya dapat membantu mempermudah kerja karyawan dengan ide dan tentunya terobosan dan pembuatan alat yang mampu memenuhi kebutuhan kerja di lapangan,” tuturnya.

Ditemui reporter Media Tadulako, Wakil Dekan Bidang Akademik Faperta Untad, Dr Ir Abdul Rahim STP MP menuturkan bahwa pelaksanaan kuliah tamu kali ini bertujuan untuk memantapkan pengetahuan mahasiswa yang berada di bangku kuliah, mahasiswa yang sedang praktek dan juga alumni Faperta Untad dalam rangka kesiapan mereka menghadapi penelitian di bidang kelapa sawit.  Sehingga mendatangkan langsung pihak industri untuk memberikan materi mengenai pengembangan kelapa sawit yang memiliki potensi sangat besar di Sulawesi Tengah.

“Tujuan dilakukannya kuliah umum ini, lebih kepada memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dan juga alumni dalam kesiapan mereka melakukan penelitian maupun dibidang kerja yang akan mereka geluti nanti. Kelapa sawit memliki potensi yang besar sehingga memiliki kesempatan yang besar pula dalam memberikan peluang besar bagi pengembangan usaha dan lapangan kerja di Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr Abdul juga mengatakan bahwa kuliah tamu kali ini juga di hadiri oleh tenaga pengajar, tenaga teknisi dan juga alumni dikarenakan PT Hardaya Inti Plantations juga mengadakan penrekrutan pekerja dan juga membuka kuota magang di perusahaannya. Jnk