Rektor Ajak Seluruh Warga Untad untuk Sensus Penduduk 2020

Ket.Foto: Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, mengisi sensus penduduk 2020 (Foto: Dok. untad.ac.id)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs Dumangar Hutauruk MSi bersama staff, berkunjung ke Universitas Tadulako (Untad), dalam rangka sosialisasi sensus penduduk untuk tahun 2020, di Ruang Kerja Rektor, Rektorat pada Kamis (27/02).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Ketua Dewan Pertimbangan, Dr Harifuddin SE MM, para Dekan Fakultas, serta Sekretaris Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Dr Ir Amiruddin Kade MSi.

“Sensus penduduk telah resmi dimulai sejak 15 Februari, yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia, dan warga negara asing yang telah atau akan tinggal minimal satu tahun di Indonesia,” ungkap Drs Dumangar.

Drs Dumangar mengungkapkan, bahwa sensus penduduk dapat diakses oleh seluruh civitas akademik Untad melalui laman www.sensus.bps.go.id, dan dapat diisi sampai tanggal 31 Maret mendatang.

“Dengan kedatangan kami ke Untad, kami berharap agar seluruh masyarakat Untad tanpa terkecuali untuk mengisi data pada sensus penduduk, diantaranya Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP),” ungkapnya.

Senada dengan itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, menghimbau kepada seluruh keluarga besar Untad turut berpartisipasi melakukan sensus penduduk secara daring, mengingat pentingnya sensus ini dalam pemenuhan data.

“Sensus penduduk ini turut mengemban peranan penting, dalam mendukung data kependudukan, khususnya dalam pendataan usia pelajar yang ada di Sulawesi Tengah,” jelas Prof Mahfudz.

Rektor menambahkan, selain pendataan usia pelajar, sensus juga menjadi hal yang penting dalam menyusun kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan, khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Data jumlah dari sensus penduduk dapat membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan, maupun pendidikan dalam mencari tahu jumlah penduduk yang dapat mengenyam pendidikan, maupun yang belum dapat mengenyam pendidikan,” tutur Prof Mahfudz.

Prof Mahfudz berharap agar seluruh elemen masyarakat Untad dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara, untuk dapat mengisi dan menyukseskan sensus penduduk. Adr