Tingkatkan Minat dan Kemampuan Berbahasa Perancis, IO Laksanakan DEFL A1

Ket. Foto: Suasana ujian tertulis DEFL (Foto: dok. Faldi/IO)

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Perancis, bekerja sama dengan kedutaan besar Perancis, International Office (IO),  Universitas Tadulako (Untad) laksanakan Ujian Kemampuan Bahasa Perancis (DEFL) level dasar A1 bagi mahasiswa dan siswa, di Media Centre lantai 1, pada Senin (2/03).

Ditemui reporter Media Tadulako, Happy Puspitari, selaku Manager Warung Perancis IO, mengungkapkan bahwa DEFL dilaksanakan serentak secara internasional.

“Ujian ini merupakan ujian internasional yang pelaksanaannya serentak di seluruh dunia, dengan kedutaan besar Perancis sebagai juri,” jelas Happy.

Pada kesempatan kemarin Happy menuturkan bahwa, IO merupakan salah satu pelaksana DELF yang dipercaya di wilayah Indonesia Timur, dan pada pelaksanaannya ada 28 peserta yang mengikuti ujian.

“Sebagai salah satu pelaksana yang dipercaya, tentunya IO melakukan yang terbaik dalam pelaksanaan DELF mengingat syarat utama dari beasiswa di Perancis dalah sertifikat seumur hidup DELF. Karena itu, dalam pelaksanaannya kami melakukan yang terbaik mulai dari tes tertulis, maupun tes wawancara,” jelas Happy.

Melalui DELF, Happy berharap agar ujian tersebut dapat terlaksana setiap tahunnya dan bertambahnya peserta, serta minat mahasiswa dalam melanjutkan studi di Perancis, karena DELF adalah syarat utama beasiswa Perancis.

“Anak-anak mahasiswa dan siswa yang ikut kemarin, bisa dijadikan cara untuk studi lanjut ke Perancis dan sertifikat DELF itu bisa digunakan untuk kepentingan kerja juga. Semakin terbuka untuk mereka pergi ke Perancis. Mahasiswa dan siswa sekarang harus bisa menguasai lebih dari dua bahasa, supaya dapat bersaing untuk ke depannya, jangan kalah dari mahasiswa-mahasiswa di luar Sulawesi,” kata Happy.

Senada dengan itu Elisa Sesa SSi MSi PhD selaku Sekretaris IO, berharap agar pelaksanaan DEFL dapat berjalan dengan baik, dan semua yang menjadi peserta dapat mendapatkan nilai terbaik.

“Harapan saya agar semua yang ikut ujian dapat mendapatkan nilai terbaik, dan Untad ke depannya dapat dipercaya untuk menjadi salah satu pusat ujian bahasa Perancis, setiap tahunnnya dengan keberadaan Warung Perancis di International Office,” tutupnya. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here