Untad Siapkan 8.380 Kuota Mahasiswa Baru 2020

Penerimaan  Mahasiswa Baru  (Maba) tahun 2020, Universitas Tadulako (Untad) siap menerima 8.380 mahasiswa, sebagai calon peserta didik di tahun 2020 dengan jalur Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK). Yutdam Mudin SSi MSi selaku Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), menjelaskan bahwa Untad merupakan salah satu universitas pelaksana Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK), yang di pilih LTMPT dan sudah melakukan persiapan.

“Untad sudah bekerja sama dengan beberapa sekolah atau lembaga yang memiliki fasilitas komputer dan sistem jaringan internet yang layak, untuk mengantisipasi jumlah peserta UTBK,” katanya.

Yutdam berharap agar seluruh persiapan yang dilakukan Untad dapat berjalan baik, dan tidak ada hal-hal yang mengganggu, selama ujian daring yang akan dilaksanakan di bulan April mendatang.

Sementara itu, sesuai pernyataan Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak), Dr Lukman Nadjamuddin MHum, yang ditemui awak Media Tadulako di Rektorat Lantai 1, pada Jumat (28/02).

“Tahun lalu, Untad menerima 9.000 lebih Maba, dan di tahun ini akan diterima 8.000 lebih. Kurang lebih hampir sama dengan tahun lalu. Namun, kita akan melihat bagaimana ke depannya, jika ada Prodi tertentu yang perlu penambahan mahasiswa atau tidak. Jumlah 8000-an itu sudah ideal karena melihat kondisi untad yang sekarang,” tutur Dr Lukman.

Dari 8.380 mahasiswa yang akan diterima, Dr Lukman menjelaskan bahwa Untad menyediakan kuota sebanyak 2.116 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 3.823, dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) sebanyak 2.441.

“Yang pasti sekarang ini, tahapan seleksi masuk Perguruan Tinggi sedang berlangsung. Dan untuk jalur SNMPTN sudah ditutup dengan total yang mendaftar di Untad sebanyak 5.959. Jadi untuk SNMPTN kita akan menyeleksi lebih dari setengah peserta yang mendaftar,” jelasnya.

Dr Lukman menambahkan bahwa, jumlah mahasiswa baru yang akan diterima merupakan usulan dari setiap fakultas yang dilaporkan oleh masing-masing Dekan, berdasar dari kemampuan daya tampung mahasiswa dan kita rangkum semuanya.

“Jumlah mahasiswa baru yang akan diterima merupakan hasil rapat dari setiap fakultas, dan usulan penerimaan merupakan usulan dari masing-masing dekan setiap fakultas,” katanya.

Pada UTBK akan ada dua sesi dalam pelaksanaannya. Sesi pertama akan dilaksanakan pada 20-26 April 2020, sedangkan sesi kedua akan dilaksanakan pada 1-3 Mei 2020. Sementara, hasil SNMPTN akan diumumkan pada 8 April 2020. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here