Berperan Aktif Dalam Pelayanan Gizi di tengah Pandemi dan Bulan Suci Melalui PERGIZI PANGAN

Ket. Foto: Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Tadulako (Untad) Prof Dr Nurdin MSi MKes (Dok.Foto: untad.ac.id)

Pada edisi kali ini, awak Media Tadulako berkesempatan berbincang dengan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Tadulako (Untad) Prof. Dr. Nurdin., M.Si., M.Kes, terkait dengan keterlibatannya dengan program yang dibuat oleh Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia; Bhakti PERGIZI PANGAN.

 

Apa yang melatarbelakangi PERGIZI PANGAN membuat program Bhakti PERGIZI PANGAN Bagi Negeri?

 

Ada beberapa pertimbangan yang membuat PERGIZI PANGAN melaksanakan program ini yang pertama, menyikapi pandemi Covid-19 maka perlunya peningkatan  imunitas dan kebugaran tubuh yang tentunya perlu didukung oleh konsumsi pangan yang aman, dan bergizi melalui layanan Edukasi dan Konsultasi Konsumsi pangan yang Aman dan Bergizi.

Kedua bahwa pada bulan April dan Mei 2020 sebagian besar penduduk Indonesia akan melaksanakan puasa Ramadan dan Hari Raya, yang biasanya menimbulkan gejolak harga pangan tertentu akan berdampak pada kesulitan akses terhadap pangan tersebut. Sehingga diperlukan edukasi dan konsultasi gizi tentang makan secukupnya, tidak berlebihan, saat berbuka, makan malam, dan sahur serta lebaran akan turut merupakan suatu solusi.

Sehubungan dengan hal tersebut, PERGIZI PANGAN Indonesia  dan jajaran di berbagai daerah di Indonesia terpanggil untuk turut peduli dan berkontribusi sesuai kompetensi anggotanya,  dalam upaya promotif dan preventif dari segi gizi dan pangan. Upaya ini akan dilakukan melalui Layanan Edukasi dan Konsultasi Online, tentang Konsumsi Pangan Aman Bergizi dan Hidup Bugar (LEKKA BERGIZI BUGAR) melalui online (daring) khususnya melalui Web, WhatsApp, dan  telepon, yang sejalan dengan  Era 4.0.

Apa tujuan Program ini?

Secara umum tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan layanan edukasi dan konsultasi online tentang konsumsi pangan aman,  bergizi, dan  hidup aktif dan bugar dalam menghadapi Pandemic Covid-19, puasa Ramadan dan lebaran 2020. Secara khusus tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan  dan memotivasi masyarakat, untuk mewujudkan perilaku gizi seimbang dengan pendekatan promosi “Isi Piringku”, senantiasa  mengonsumsi pangan kaya zat gizi  (protein, vitamin A, C, D, E, Zink dll), dan pangan fungsional (Jahe, kunyit, prebiotik, probiotik dll) untuk  meningkatkan imunitas tubuh, mewujudkan cara sehat memilih, mengolah dan mengonsumsi pangan untuk mewujudkan makan aman, beragam, dan bergizi sesuai kemampuannya, menjaga berat badan normal, dan tetap bugar meski bekerja belajar dari rumah atau #DiRumahAja dan mengonsumsi makanan sehat secara sederhana, tidak berlebihan, di bulan Ramadan dan lebaran.

Siapa sasaran Program ini?

Secara umum kelompok sasaran Layanan Edukasi dan Konsultasi Online tentang konsumsi Pangan Aman Bergizi dan Hidup Bugar (LEKKA BERGIZI BUGAR), ini adalah remaja dan dewasa dari umur 10 tahun  ke atas. Di dalam kelompok sasaran ini termasuk remaja, ibu hamil, ibu menyusui, ayah, ibu, lansia, atau seseorang dewasa yang konsul untuk anaknya atau untuk anggota keluarganya yang sulit berkomunikasi online kepada konsultan. Hal ini karena kelompok ini yang rawan mengalami masalah gizi dan sekaligus mereka dapat menjadi agen perubahan perilaku untuk menerapkan pesan umum gizi seimbang.

Apa sih manfaat program ini?

Manfaat dari program ini diharapakan bahwa LEKKA BERGIZI BUGAR turut sebagai komplemen program pemerintah dan inisiatif lainnya, oleh swasta dan masyarakat dalam pencegahan Covid-19 dan membiasakan perilaku hidup bergizi seimbang, yang beragam, cukup dan tidak berlebihan.

Apa keterlibatan Anda dalam program ini?

Program ini adalah dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, dan saya sebagai Ketua DPD PERGIZI PANGAN Sulawesi Tengah, berserta pengurus lainnya yang bersedia jadi relawan yang berperan sebagai pelaksana di daerah untuk melaksanakan program ini. Saya berserta teman-teman relawan dari DPD PERGIZI PANGAN Sulawesi tengah siap memberikan jawaban secara online,e atas pertanyaan dari masyarakat  tentang Konsumsi Pangan Aman Bergizi dan Hidup Bugar (LEKKA BERGIZI BUGAR)

Apakah ada relevansi program ini dengan puasa dan lebaran?

Ya sangat relevan karena salah satu bidang konsultasinya adalah makanan Sehat saat ramadhan dan lebaran. Materi yang dibawakan juga mencakup dengan gizi seimbang dalam puasa dan lebaran yaitu: Gizi Seimbang dan “Isi Piringku”, Gizi dan Pangan meningkatkan Imunitas,Cara Sehat Memilih, Mengolah dan Mengonsumsi Pangan, Berat Normal Tubuh Bugas meski #DiRumahAja danMakan Sehat saat Ramadhan dan Lebaran.

Apa harapan Anda Kedepannya?

Harapannya kepada relawan agar dapat menyediakan waktu konsultasi untuk  masyarakat, dan masyarakat dapat memanfaatkan media online ini dengan baik untuk berkonsultasi secara gratis, (via WA) mulai pukul 8.00 hingga 17.00 Wita. Konsultasi ini hanya sampai 30 Juni 2020. Serta masyarakat dapat terbantu dari segi kesehatan gizi. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here