Diesnatalis Ke- 57, Fisip Untad Gelar Ramah Tamah dan Kajian Ramadhan Via Zoom

Ket. Foto: Suasana Kegiatan Kajian Online di Aplikasi Meeting Zoom (Foto: Dok. Peserta Ramah tamah)

Senin  (11/05) – Perayaan Diesnatalis ke – 57,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (Untad) gelar Ramah Tamah dan Kajian Ramadhan Online bertajuk “Komunikasi Profetik Nilai Pesan Keagamaan Dalam Pecegahan dan Penyebaran Covid-19” pada Sabtu (08/05) Pukul 20.00 WITA lewat aplikasi Meeting ZOOM.

Kegiatan tersebut menghadirkan Prof Dr KH Zainal Abidin MAg selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu sebagai pemateri. Dalam sesi materinya, Prof Zainal menyampaikan bahwa Komunikasi Profetik merupakan komunikasi yang menerapkan prinsip kaidah komunikasi kenabian, dan diajukan dalam kerangka praktek Ilmu Komunikasi Islam yang memadukan konsepnya dengan Ilmu Komunikasi yang ada.

“Komunikasi Profetik ini menerapkan prinsip-prinsip kaidah komunikasi kenabian, terhadap dinamisnya Ilmu Komunikasi yang berperan penting dalam arus akselerasi perubahan sosial, yang dapat menempatkan pengguna komunikasi konsumen, dan media komunikasi memiliki imunitas perkembangan etnis dalam berbagai praktek berkomunikasi, dan Komunikasi Profetik ini diajukan dalam kerangka praktek Ilmu Komunikasi Islam yang memadukan konsepnya dengan Ilmu Komunikasi yang telah berkembang sebelumnya,” ujarnya

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa kewajiban masyarakat sekarang adalah mematuhi keputusan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Ulama dan Pemerintah, dalam upaya menghadapi krisis Covid-19 untuk mewujudkan kemaslahatan bersama.

“Dalam sebuah Dalil menjelaskan untuk Taati Allah, Rasul dan Pemimpin diantara kalian, maka pemimpin  yang dimaksud ini bisa Pemerintah dan bisa juga Ulama. Saya pernah menulis kepatuhan seseorang terhadap ajaran agamanya hampir sama dengan kepatuhan seorang warga negara dalam rangka mewujudkan kemaslahatan bersama,” ungkap Prof Zainal.

 

Sementara itu, dilansir dari Harian Radar Sulteng, Dekan FISIP Untad, Dr Muhammad Khairil SAg MSi menuturkan bahwa selain ramah tamah dan kajian ramadhan, Perayaan Diesnatalis FISIP tahun ini juga mengadakan kegiatan bakti sosial yang disesuaikan situasi wabah Covid-19 yang sedang berlangsung.

“Setidaknya tahun ini kami bagi dalam 4 Program yang dilaksanakan sejak 3 Mei sampai 8 Mei, yaitu Kajian Ramadhan Online, Paket Peduli Covid-19 dimana ada pembagian sembako, masker, vitamin, dan Hand Sanitizer kepada Security Kampus, Staf Tenaga Pendidikan dan Masyarakat Khususnya Wilayah Perumahan Dosen dan Tondo, peduli anak yatim dimana membagikan makanan kepada beberapa Panti Asuhan dan Terakhir Kegiatan Ramah Tamah yang dilakukan secara online,” tuturnya.

Kemudian, Ia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan sensitivitas sosial civitas akademika FISIP Untad dan kegiatan kajian ramadhan seperti ini dapat terus ditingkatkan, sebagai salah satu upaya pengembangan sumber daya manusia, serta Ia juga berharap agar masa Pandemi Corona ini segera berlalu.

“Melalui kegiatan Diesnatalis FISIP kita tumbuhkan sensitivitas sosial, kepeduliaan terhadap sesama dalam berbagai bentuk. Selaku Dekan FISIP Untad saya juga berharap kegiatan Ramadhan maupun kegiatan dalam pengembangan sumber daya manusia lainnya terus ditingkatkan, dan mudah-mudahan Pandemi ini segera berlalu agar kita bisa kembali seperti biasa, dan bisa bersilahturahmi secara langsung,” harap Dr Khairil. AW

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here