On-Air Fisip Untad Produksi Podcast Sebagai Media Edukasi Tindak Preventif Penyebaran Virus Covid-19

Ket. Foto: Ketua Umum On-Air Fisip Untad, Gita Fatika Sari (Foto: Dok. Pribadi)

Sabtu (02/05) – Bantu lawan Virus Covid-19, Organisasi Pecinta Televisi dan Radio (On-Air) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tadulako (Untad) produksi siaran podcast untuk edukasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus. Podcast On-Air Fisip Untad, bisa diakses di Platform Musik Spotify dan Youtube dengan nama Akun On-Air Fisip Untad.

Gita Fatika Sari selaku Ketua On-Air Fisip Untad mengungkapkan pembuatan Podcast ditujukan kepada salah satu platform anak muda di Sulawesi Tengah (Sulteng) di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu podcast ini juga bertujuan untuk berbagi tips pencegahan penularan Covid-19.

“Sebenarnya podcast ini ingin di tujukan kepada salah satu platform anak muda Sulteng dalam masa perang pandemi ini, yaitu #bakubantu salah satu platform anak muda Sulteng yang membutuhkan konten-konten sebagai campaign Covid-19. Selain itu kita ingin memberikan bahan edukasi kepada masyarakat sehingga mereka pun bisa mempunyai pengetahuan terhadap Covid-19 dan cara atau tips mencegahnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Afandi selaku Ketua Tim Produksi Podcast menuturkan alasan timnya membuat konten Podcast sebagai media edukasi, karena menyesuaikan dengan perilaku masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

“Masyarakat sekarang sebagian besar malas untuk membaca himbauan di media cetak maupun online. Sekarang kebanyakan dari mereka lebih senang untuk menonton dan mendengarkan dibandingkan membaca. Maka melihat dari kebiasaaan ini kami memilih Podcast sebagai media edukasi. Masyarakat dapat menikmati Podcast dengan hanya mendengarkan lewat Aplikasi Musik Spotify atau Mendengar dan Menonton podcast lewat Aplikasi Youtube,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam proses produksi, hal yang menjadi kendala adalah akses komunikasi untuk melakukan koordinasi. Ada beberapa tim yang rumahnya sulit untuk mengakses internet karena tidak didukung sinyal yang bagus.

“Pada masa pandemi ini semua hal harus kita lakukan secara daring. Maka pada saat produksi, tim kami kesusahan dalam berkoordinasi dan berkomunikasi. Karena ada beberapa teman-teman yang sulit untuk mendapatkan akses internet di kampung halamannya,”jelasnya.

Diakhir wawancara, Ia berharap melalui Podcast yang mereka buat, para Pendengar bisa mengetahui informasi mengenai perkembangan Covid-19 dan dapat mengiplementasikan pesan edukasi agar tidak terjangkit virus berbahaya tersebut.

“Semoga para pendengar Podcast kami atau Sobat On-Air bisa mengetahui situasi terkini dari perkembangan Covid-19 serta mengetahui berbagai tips yang dapat dilakukan, agar tidak terkena virus corona ini,” harap Afandi. AW

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here