Fakultas Teknik Tutup Acara Serial Webinar Ramadhan dengan Halalbihalal

Ket. Foto: Dekan Fatek Untad, Dr Eng Ir Andi Rusdin ST MT MSc saat menyampaikan sambutan (Foto: Panitia Penyelenggara)

Melalui aplikasi Zoom, Fakultas Teknik (Fatek) Universitas Tadulako (Untad) rangkaikan Penutupan Serial Webinar Ramadhan 1441 H Fatek Untad dengan Halalbihalal secara Virtual, pada Selasa (02/06). Kegiatan tersebut menghadirkan Prof Dr dr Abdurachman MKes PA(K) selaku Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, sebagai pengisi hikmah Halalbilhalal. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama (Warek Banjas), Prof Dr Ir Amar ST MT dan dihadiri oleh Sivitas Akademika Fatek, Pimpinan Universitas, Dekan Fakultas di lingkungan Untad serta perwakilan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dalam sambutannya, Warek Banjas menyatakan apresiasi yang besar untuk Fatek Untad atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia juga menambahkan dalam menghadapi pelaksanaan new normal, selain strategi yang tepat, kekompakkan dan jiwa kreatif Civitas Akademika Untad juga diperlukan untuk menghadapi Pandemi Covid-19.

“Suasana Covid-19 sekarang dimulai keadaan new normal. Tentu dibutuhkan berbagai strategi yang tepat. Semua agenda kita susun, termasuk Tridharma perguruan tinggi tetap dilaksanakan, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Walaupun berat, justru situasi saat ini mampu mendorong kreativitas serta memperkuat kekompakkan seluruh Sivitas Akademika Untad untuk maju bersama,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Dekan Fatek Untad, Dr Eng Ir Andi Rusdin ST MT MSc mengungkapkan bahwa meski pelaksanaan Halalbihalal dilaksanakan secara daring, makna kebersamaan dan kerukunan antara Civitas Akademika Fatek Untad harus tetap terjaga.

“Walaupun kita sudah lama tidak bertemu secara langsung sekiranya tidak memengaruhi makna kebersamaan juga kerukunan kita Civitas akademika Fatek Untad untuk saling mendukung meraih prestasi sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof Abdurachman dalam ceramahnya menuturkan secara gamblang dan runut dalam sisi kajian medis bagaimana umat Islam harus menghadapi Covid-19. Lebih lanjut ia mengajak seluruh peserta untuk bisa mengambil hikmah dari musibah Covid-19 ini.

“Sekiranya kita dapat mengambil hikmah dari musibah Covid-19 ini, dengan menjaga lidah, jantung, dan hati kita dengan Ahlakul karimah, melalui percakapan yang baik, pikiran yang baik dengan dzikrullah dan selalu melantukan ayat suci Al Qur’an,” Jelasnya.

Sementara itu Dr Ir Tutang Muhtar Kamaludin ST MSi selaku penanggung jawab Kegiatan menjelaskan bahwa, serial webinar ini dimulai pada (14/5) dengan Narasumber Dr H Abas Baco Miro Lc MA selaku Dosen Universitas Muhammadiyah Makasar dan Sekretaris Majelis Tarjih Muhammadiyah Sulawesi Selatan dengan tema “Hikmah Bulan Ramadhan di tengah Covid-19”. Dilanjutkan dengan serial  Webinar  kedua (21/05) diisi oleh Akademisi dari Universitas  Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustazd Dr H Hasani Ahamd Said STh MHi dengan mengambil tema “Kajian Tafsir Al Qur’an” dan diakhiri dengan Serial Webinar ketiga (02/06) yang menghadirkan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya Prof Dr dr Abdurachman, MKes PA(K). Tmk/Jnk