International Office Konsisten Bagikan Kiat Dapat Beasiswa

Ket. Foto: Suasana pelaksanaan Webinar IO Untad di Aplikasi Zoom (Foto: Panitia Penyelenggara)

International Office (IO) Universitas Tadulako (Untad) konsisten membagikan informasi beasiswa sejak jauh sebelum pandemic. Kali ini IO menggelar Webinar bertajuk “Kiat Untuk Mendapatkan Beasiswa dan Studi di Perguruan Tinggi Perancis” dengan menghadirkan Indri Novita Sari selaku Penanggung Jawab Warung Perancis Institut FranÇais Indonesia (IFI) Surabaya dan Sitti Fhatimah Sarrah selaku Mahasiswa Program M2 Littératures, Arts, et Sciences Socialess (LASS) di Université de Poitiers pada Kamis (11/06) melalui aplikasi Zoom dan live streaming Facebook. Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 400 Orang Peserta.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama (Warek Banjas) Untad, Prof Dr Ir Amar ST MT. Dalam sambutannya, Prof Amar menyampaikan apresiasinya kepada panitia penyelenggara dan kepada pihak yang turut bekerja sama atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. Ia juga sangat berterima kasih kepada Warung Perancis (WP) Untad yang selalu aktif melakukan kegiatan pembinaan kemampuan bahasa Perancis di Lingkungan Untad

“Apresiasi yang besar kepada penyelenggara, Kepada IO Untad yang memprakarsai kegiatan ini, terima kasih juga kepada IFI Surabaya yang mendukung kegiatan WP Untad.  Terima kasih juga kepada WP Untad karena selalu aktif dan rutin melakukan kegiatan, terutama kegiatan pelatihan dan tes kemampuan bahasa Perancis di Lingkungan Untad. WP Untad ini ibaratnya IFI Untad yang berada di bawah naungan IO, dan merupakan WP urutan 3 terbaik dari 32 WP yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Lebih Lanjut, Ia mengungkapkan bahwa Untad sudah menandatangani beberapa kerja sama dengan pihak Universitas di Perancis untuk membuka kesempatan bagi siapa saja yang berminat melanjutkan studi disana. Ia juga menambahkan bahwa pihak Untad akan memberikan dukungan yang besar bagi mereka yang akan melanjutkan studinya di Perancis.

Sementara itu, Prof Ir Marsetyo MSc Ag PhD selaku Kepala IO Untad menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh IO Untad setiap tahun, dengan tujuan untuk memberikan informasi seputar beasiswa dan menumbuhkan minat mahasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri, khususnya di Perancis. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan itu merupakan lanjutan dari pelatihan dan tes kemampuan bahasa Perancis yang dilakukan oleh WP Untad.

“Kegiatan merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sejak 2015. Tahun 2020 ini dilaksanakan secara online, dengan Peserta terbuka dari seluruh Indonesia. Tujuannya untuk memberikan informasi akurat terkait program beasiswa dan kiat untuk mendapatkannya kepada mahasiswa agar bisa kuliah di Perancis. Ini juga merupakan kegiatan lanjutan WP Untad dari pelatihan bahasa Perancis yang dilakukan secara rutin dan kelanjutan dari tes kemampuan bahasa Perancis yang dilakukan bulan Maret lalu,” tuturnya.

Sementara itu pada sesi materi, Indri Novita menjelaskan bahwa hal yang menjadi kunci penting guna mendapatkan beasiswa untuk lanjut studi di Perancis adalah harus memiliki kemampuan yang baik di bidang akademik, penguasaan bahasa Perancis dan Inggris serta harus rajin mencari Informasi mengenai beasiswa di internet ataupun di tempat lainnya. AW