Jurnal Ghidza Prodi Gizi Raih Peringkat 4 Akreditasi Jurnal Ilmiah

Ket.Foto: Poster jurnal gizi dan kesehatan (Foto: Dok. MT)

Program studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Tadulako (Untad), raih peringkat 4 pada Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 tahun 2020, untuk Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan, berdasarkan Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nomor 85/M/Kpt/2020 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah, pada Jumat (29/05).

Dekan FKM Prof Dr Nurdin MSi MKes, mengungkapkan kebanggaan akan diraihnya peringkat SINTA 4, sehingga dapat menjadi magnet bagi para penulis artikel jurnal, baik dari kalangan Untad maupun universitas luar.

“Tentunya kita menginginkan bahwa kualitas jurnal ini semakin baik, tentu kita akan selektif menerima tulisan yang sesuai dengan roh jurnal ini yaitu tentang pangan, gizi, dan kesehatan yang tentu tulisannya harus berkualitas. Sehingga pembenahan dan perbaikan website akan selalu dilakukan, agar peringkat SINTA semakin baik,” tuturnya.

Prof Nurdin berharap, agar kedepannya peringkat yang diraih akan diusahakan akan semakin baik, dengan berbagai persyaratannya, serta selalu eksis dengan manajemen yang lebih profesional.

“Harapannya adalah semoga jurnal Ghidza ini tetap eksis dengan manajamen yang lebih profesional, mampu menarik peneliti-peneliti dari luar untuk publikasi di jurnal ghidza, serta dapat menjadi ikon berharga bagi Prodi gizi,” tutupnya.

Sementara itu, Bohari SGz MKes, selaku pengelola jurnal, menjelaskan bahwa jurnal Ghidza mulai terbit secara daring pada tahun 2018 dengan frekuensi terbit dua kali dalam setahun dan jumlah artikel yang diterbitkan pertahun yaitu 12 buah artikel.

“Adapun jenis artikel yang diterbitkan adalah, hasil penelitian yang berkaiatan dengan pangan, gizi, dan kesehatan masyarakat. Oleh penulis baik dari internal Untad dan luar Untad,” ungkap Bohari.

Saat ini fokus artikel yang diterima adalah artikel yang disusun dari hasil penelitian yang terkait dengan gizi, pangan, dan kesehatan. Saat ini kami telah menerbitkan 24 artikel.

“Salah satu hasil penelitian yang aktif kami terbitkan adalah penelitian tentang Ikan Sidat, penulisnya itu dari mahasiswa dan dosen Farmasi Untad. Selain, itu kami juga menerbitkan isu-isu terkini di bidang gizi, seperti stunting, obesitas, ASI Eksklusif, dll,” tuturnya.  Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here