Mudahkan Pencarian Data, Himastika Luncurkan Statistic Data Bank

Ket. Foto: Flyer Statistic Data Bank (Foto: Dok. Himastika)

Sabtu (06/06) – Dalam rangka memudahkan pencarian dan penyimpanan data, Himpunan Mahasiswa Statistika (Himastika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA) Universitas Tadulako luncurkan program Statistic Data Bank (SDB) yang bisa diakses melalui Google Drive.

Dihubungi reporter Media Tadulako, Mia Ainawati, selaku koordinator divisi Survey and Research Center mengatakan bahwa SDB merupakan program yang bekerja untuk menyimpan data dari hasil penelitian.

“Jadi program kita ini bekerja untuk menyimpan data dari hasil penelitian yang dilakukan. Dalam dunia statistika tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya turun lapangan kemudian mendata warga sekitar sesuai kasus yang diteliti. Dari situlah muncul ide kami untuk menyimpan hasil-hasil tersebut dalam bentuk file,” ujarnya.

Pada kesempatan kemarin Mia menuturkan bahwa, kehadiran SDB berfungsi untuk memudahkan mahasiswa statistika dalam mengakses data yang akan digunakan dalam penelitian. Selain itu, SDB juga dapat bermanfaat bagi program studi lain mengingat pengaplikasiannya statistika sangatlah luas.

“Sejauh ini fungsinya agar memudahkan mahasiswa statistika terkhusus mahasiswa baru, seperti apa data yang akan digunakan dalam penelitian agar dapat dianalisis. Kita juga mengumpulkan beberapa jurnal, laporan praktikum, essay, atau list metode yang kiranya dapat bermanfaat bagi program studi statistika maupun program studi lain, karena kita ketahui bahwa statistika sangat luas pengaplikasiannya,” tuturnya.

Mia menambahkan bahwa cara mengakses SDB dapat dilakukan dengan menghubungi contact person yang tertera. Kemudian link SDB akan dikirimkan setelah mendapatkan izin dari yang bersangkutan.

“SDB bisa diakses untuk semua mahasiswa yang membutuhkan. Namun, mereka tidak bisa langsung mengakses, jadi semacam private Google Drive nya. Hanya pengguna Email yang disetujui yang bisa mengakses data tersebut. Supaya disetujui, terlebih dahulu hubungi contact person yang tertera,” tambahnya.

Selain memudahkan mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir. SDB juga membantu divisi Himastika yang lain lewat data yang dikumpulkan. Salah satunya Eliani, anggota divisi Data Analyze yang merasa terbantu dengan hadirnya SDB. Ia menjelaskan bahwa SDB sangat meringakan program kerja Data Analyze.

“Di divisi Data Analyze itu kan biasanya ada program kerja pertigabulan melakukan pengelolaan data atau memprediksi sesuatu. Jadi kami sangat membutuhkan data. Kami lalu minta dicarikan data, dan mereka berhasil mendapatkan. Dan tentunya kerjanya kami jadi lebih ringan. Karena pengalaman sebelumnya, kami kan sempat cari data sendiri dan itu memakan waktu dan tenaga karena datanya tidak bisa diakses secara online. Jadi dengan kehadiran mereka, tentu kami merasa sangat teringankan kerjanya,” tuturnya. Rin

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here