Sempat Tertunda, Pendaftaran UTBK dan SBMPTN Untad dibuka Bulan Juni 2020

Ket. Foto: Yutdam Mudin SSi MSi selaku Koordinator Pelaksana LTMPT Pusat Untad (Foto: mercusuar.web.id)

Rabu – (10/06) Setelah mengalami penundaan, pelaksanaan pendataraan Ujian Test Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dibuka pada tanggal 2 – 20 Juni 2020. Dalam pelaksanaan teknis, sebagai Pusat UTBK Sulawesi Tengah (Sulteng), Universitas Tadulako (Untad) menyediakan beberapa ruangan untuk pelaksanaan ujian, yaitu ruangan utama adalah ruangan komputer yang tersebar di Untad, kemudian ruangan yang berada  di SMK negeri 1 Palu, SMK Negeri 2 Palu, dan SMK Negeri 3 Palu. Pelaksanaan ujian direncanakan akan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dr Lukman Nadjamuddin MHum Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik (Warek Bidak) mengungkapkan bahwa tahun ini Untad menyiapkan 8380 kuota mahasiswa baru, dimana terbagi dalam 3 jalur seleksi, yaitu 2.116 untuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 3.823 untuk Jalur SBMPTN dan 2.441 untuk Jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

“Yang pasti sekarang ini, tahapan seleksi masuk perguruan tinggi sedag berlangsung. Untad menyediakan kuota sebanyak 8.380 kuota mahasiswa yang tersebar untuk 52 Program Studi (Prodi) termasuk Prodi baru yaitu teknik Lingkungan dan Sistem Informasi,” ungkapnya

Sementara itu, Yutdam Mudin SSi MSi selaku Koordinator Pelaksana LTMPT Pusat Untad, dalam konferensi Persnya menyampaikan dalam pelaksanaan teknis, pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan secara bersamaan melalui akun di portal ltpmpt.ac.id.

“UTBK dan SBMPTN 2020 alurnya ada sedikit perbedaan pada pendaftarannya, dimana pada tahun ini pendaftaran UTBK bersamaan dengan SBMPTN, mengingat kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19. UTBK dan SBMPTN dibuka sejak 14.00 WITA, 2 juni 2020 – 23.00 WITA, 20 juni 2020. Pendaftaran ini bersifat online, mulai dari pemasukan data kemudian pembayaran, dan penentuan ruang ujian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 5 – 12 Juli 2020. Namun apabila jumlah peserta yang mendaftar cukup banyak, maka Panitia Pusat akan menambah waktu pelaksanaan UTBK.

“Tanggal ujian UTBK itu se-nasional serentak dilaksanakan, mulai 5 – 12 juli 2020, dimana akan terdiri dari 30 sesi, dan satu hari akan ada 4 sesi, kecuali hari Jumat hanya akan ada 2 sesi.  Jika jumlah peserta masih banyak yang mendaftar maka Panitia Pusat akan menambahkan 8 sesi atau dua hari lagi. Dengan demikian maka Untad, insya Allah akan mampu menampung seluruh siswa kita se-Sulteng dan sekitarnya yang akan melaksanakan UTBK,” tuturnya

Kemudian, Yutdam berpesan bahwa hal yang perlu diingat oleh para Pendaftar adalah pelaksanaan UTBK di Untad bukan hanya menerima mahasiswa yang akan mendaftar di Untad, namun menerima seluruh peserta yang mendaftar di Universitas seluruh Indonesia. Ia juga menambahkan bahwa pengumuman akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2020.

“Perlu diingat, bahwa UTBK yang dilaksanakan di Untad bukan hanya menerima mahasiswa yang mendaftar di Untad tetapi untuk menerima seluruh peserta yang mendaftar di Universitas seluruh indonesia. Karena  Untad merupakan salah satu pelaksana UTBK di Indonesia yang resmi, Pelaksanaan ujian akan dijalankan sesuai dengan jadwal dan pengumumannya akan dilaksanakan pada tanggal 25 juli 2020” jelasnya. AW