Program Studi PPG Bersiap Menyambut Akreditasi Pertama

Ket. Foto: Dr Ijirana SPd MSi (Foto: kimia.website)

Senin (01/06)-Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) UNTAD tengah disibukkan dengan persiapan menyambut akreditasi pertama sejak dibentuk pada 2018 silam.

Wawancara via whatsapp, Dr Ijirana SPd MSi, selaku Koordinator Prodi PPG menuturkan persiapan penyusunan borang akreditasi sudah dimulai sejak akhir tahun 2019 dan dijadwalkan rampung pada bulan Februari-Maret. Namun, akibat pandemi covid-19 persiapan hasil akhir jadi terulur dan sempat berhenti. Ia mengimbuhkan, ada sedikit kendala yang dihadapi, yaitu kondisi gedung Prodi PPG yang kurang layak digunakan akibat bencana 2018 lalu, dan hal tersebut bisa berdampak pada penilaian.

“Persiapan mulai kami lakukan sejak bulan November 2019 dan dijadwalkan penyusunan rampung pada Februari-Maret lalu, namun sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 ini. Kemudian kami lanjutkan kembali dan saat ini penyusunan Borang rampung 90%. Ada sedikit kendala yang menghalangi kerja kami, yaitu kondisi gedung dan fasilitas Prodi PPG kurang layak digunakan akan mempengaruhi penilaian. Tapi, tim penyusun borang tidak patah semangat dan saya yakin masalah tersebut bisa teratasi,” yakin Kaprodi PPG.

Masih menurut Dr Ijirana, ia berharap kerja keras tim penyusun borang terbayar dengan perolehan hasil akreditasi yang terbaik. Selepas mendapatkan akreditasi pertamanya, berharap Prodi PPG Untad dapat disejajarkan dengan Prodi PPG di perguruan tinggi terkemuka lainnya, serta semakin banyak pula calon mahasiswa lolos seleksi masuk dan terdaftar di Prodi PPG Untad.

Sementara itu, Koordinator Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (Puslak-SPMI) LPPMP Untad, Drs Syamsu MSi menargetkan Prodi PPG memperoleh nilai akreditasi B. Program studi PPG memiliki komitmen tinggi dalam penyusunan dokumen akreditasi pertamanya, jadi optimis target yang diraih sesuai harapan.

“Pada dasarnya, Puslak-SPMI  LPPMP menargetkan setiap prodi yang mengusulkan akreditas pertama memperoleh nilai B, termasuk PPG.  Berdasarkan hasil pendampingan yang dilakukan oleh tim Puslak SPMI dan UPM FKIP, kita optimis Prodi PPG meraih akreditasi minimal B, dengan harapan dokumen yang dituliskan dalam borang tersedia dan mampu ditunjukkan pada saat visitasi, baik visitasi langsung maupun visitasi daring,” ungkap Drs Syamsu.

Lebih lanjut, Drs Syamsu berharap tim prodi PPG dan UPM FKIP mempersiapkan diri melengkapi dokumen borang, baik borang 3A maupun 3B serta persiapan visitasi daring yang akan dilakukan oleh BAN-PT berdasarkan Peraturan BAN-PT no. 5 tahun 2020. Fha