SEMINAR ONLINE HMTG-TADULAKO Bahas Geologi dan Kegempaan Terhadap Pembangunan Berkelanjutan

Ket Foto: Agung Nugraha, Koordinator Divisi Penalaran HMTG-Tadulako (Foto: dok. Narasumber)

Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Tadulako Fakultas Teknik (FATEK) Universitas Tadulako (Untad) gelar seminar online bertajuk “Pertimbangan Geologi dan Kegempaan untuk Pembangunan Berkelanjutan untuk Kota Palu dan Sekitarnya Pasca Tsunami” melalui aplikasi zoom pada Rabu (20/05).

Agung Nugraha selaku Koordinator Divisi Penalaran HMTG-Tadulako sekaligus Ketua Panitia kegiatan menyampaikan alasan dilaksanakannya kegiatan tersebut, agar mahasiswa Geologi mampu  memahami peran dalam pembangunan berkelanjutan, serta demi mengisi kekosongan waktu mahasiswa pada kondisi pandemi Covid-19.

“Agar mahasiswa Geologi lebih memahami peran serta Geologi dalam pembangunan berkelanjutan, dengan cara mengidentifikasi serta merencanakan suatu arahan pembangunan khususnya di Kota Palu yang rawan bencana. Untuk masyarakat Untad sendiri bisa mendapatkan ilmu bermanfaat serta dapat mengisi kekosongan waktu mahasiswa selama pandemi. Saya yakin kedepannya ilmu yang diperoleh mahasiswa dapat diterapkan di tengah masyarakat. Selain itu dengan kegiatan ini dapat membuat beberapa orang untuk tetap berdiam diri di rumah, sebagai bentuk dukungan untuk program pemerintah dalam memerangi Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menghadirkan Suyono ST MSc dari Instansi Badan Geologi Kesdm sebagai narasumber. Ia juga mengungkapkan rasa kepuasannya terhadap materi yang diberikan, karena terdapat materi penting yang tidak diperoleh dalam proses perkuliahan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih, karena menambah wawasan keilmuan kami dan mahasiswa lain yang telah ikut menyukseskan kegiatan. Hal spesial yaitu rasa kepuasan tersendiri setelah di laksanakannya kegiatan ini mengingat setiap proses dibahas walau secara online, serta menambah pengetahuan mahasiswa tentang keilmuan Geologi yang sebagian belum diperoleh dalam proses belajar mengajar di perkuliahan,” ungkapnya.

Sementara itu Alya, mahasiswa angkatan 2018 Teknik Geologi menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa di bidang Geologi.

“Kegiatan Semnas yang dibuat oleh HMTG-Tadulako itu sangat bermanfaat bagi mahasiswa Teknik Geologi, karena banyak hal yang belum kami ketahui. Apalagi narasumber yang membawakan materi Semnas merupakan orang hebat yang sudah banyak pengalaman mengenai Geologi. Kesan saya dari kegiatan tersebut, pematerinya sangat baik menjelaskan materi dengan teliti, serta alhamdullilah banyak mahasiswa  dan juga dosen yang bergabung,” tuturnya. Er