Talkshow Online HMB, Bahas Sudut Pandang Biologi terhadap New Normal

Ket Foto: Rian Aristiawan, Ketua Umum HMB (foto: dok. Narasumber)

Ket Foto: Rian Aristiawan, Ketua Umum HMB  (foto: dok. Narasumber)

Lembaga  Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad), adakan Talkshow online tentang  “Sudut Pandang Biologi terhadap Covid-19 dalam Kebijakan New Normal di Indonesia” melalui Live streaming Via Instagram pada Rabu (10/06).

Rian Aristiawan selaku Ketua Umum HMB sekaligus moderator kegiatan, menyampaikan latar belakang narasumber kegiatan tersebut. Serta dirinya menjelaskan ringkasan materi yang disampaikan narasumber mengenai hubungan ilmu biologi terkait masalah new normal, khusunya menangkal organisme patogen.

“Narasumber kita merupakam mahasiswa yang berprestasi dan telah memiliki banyak penghargaan, yaitu kak Faris Muhammad Gazali merupakan Mahasiswa S2 Biologi di UGM. Beliau menyampaikan banyak hal, mulai dari apa sebernanya itu virus nCoV-2 baik dari segi morfologi dan pato mekanismenya. Serta cara penularannya, cara bereplikasi hingga menempel pada inangnya. Serta kiat-kiat yang dilakukan untuk menghadapi new normal nanti dan tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan. Ilmu biologi menanggapi masalah new normal yaitu kita bisa menjalaninya, jika kita patuh akan protokol kesehatan dengan tetap jaga jarak aman 1-2 meter. Melakukan pola hidup bersih dan sehat, sehingga sistem imun tubuh mampu menangkal nantinya, jika ada organisme seperti organisme patogen yang masuk. Kita juga tentunya harus selalu gunakan masker saat bepergian,”tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan alasan diadakannya kegiatan tersebut, yaitu agar tetap bisa produktif dan berbagi ilmu pengetahuan. Serta ia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada teman-teman yang sudah berpartisipasi.

Sementara itu Rizka Amalia R Maruka, mahasiswa angkatan 2018 jurusan Biologi mengungkapkan berharap para peserta dapat memperhatikan materi yang disampaikan, agar nantinya dibagikan pada keluarga dan masyarakat

“Saya sebagai peserta kegiatan talkshow HMB banyak mendapat manfaat, karena dari judul dan temanya itu merupakan problematika yang di hadapi semua orang didunia. Apalagi melihat kondisi indonesia yang berusaha menerapkan ‘New Normal’, kondisi ini mungkin sulit untuk kembali seperti sebelumnya. Harapan saya dari kegiatan ini, yaitu semoga materi dipahamai dengan baik, agar ilmu yang sudah didapatkan bisa dibagi ke keluarga dan bahkan masyarakat,” ungkapnya. Er