Workshop SOP PULSAK-SPMI Harapkan Peningkatan Pendidikan Tinggi Secara Terencana

Ket. Foto: Drs Syamsu MSi, selaku Koordinator Puslak SPMI LPPM (Foto: Dok. Syamsu/Narasumber)

Dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, modern, dan relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa, Pusat Layanan Akreditasi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (PUSLAK-SPMI), Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP), Universitas Tadulako (Untad) laksanakan Workshop Penyusunan Standard Operational Procedure (SOP), secara daring melalui Zoom, pada Rabu (20/05).

Drs Syamsu MSi, selaku Koordinator PUSLAK-SPMI LPPM menuturkan bahwa, dalam penerapan sistem penjaminan mutu oleh Untad, diperlakukan audit secara berkala, sistematis dan mandiri oleh Pihak Internal atau biasa disebut Audit Internal.

“Audit Mutu Internal adalah pemeriksaan sistemik dan independen untuk mengetahui apakah implementasi SPMI efektif sesuai dengan perencanaan yang dilakukan oleh Unit Kerja dalam lingkup Universitas Tadulako. Peran Audit Mutu Internal merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebagai bentuk refleksi evaluasi diri yang harus dilakukan oleh Untad,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa Tujuan workshop tersebut merupakan SOP pelaksanaan audit mutu internal 1.0 yang ditujukan pada Program Studi (Prodi) dan Unit Penyelenggara Program Studi (UPPS) dalam lingkup Untad.

“Ini adalah mencari celah-celah kekurangan untuk melakukan perbaikan-perbaikan sehingga unit kerja tersebut yang ada di lingkungan Untad melaksanakan pelayanan di bidang akademik sesuai standar yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Senada dengan itu, dalam materinya, Dr Zakiyah Zahara SE MM, menjelaskan bahwa Sistem Pelayanan  Mutu Internal (SPMI) adalah kegiatan sistemik mutu pendidikan tinggi oleh setiap Perguruan Tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

“Maksud pelaksanaan Audit Mutu internal adalah untuk meninjau tingkat kesesuaian dan efektifitas peranan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang telah ditetapkan dan menjadi dasar arah strategi dan sasaran mutu Perguruan Tinggi yang ingin dicapai dan tertuang dalam manual mutu,” jelasnya.

Diakhir materi, Ia menambahkan bahwa proses Audit Mutu Internal adalah langkah untuk melakukan Audit Mutu, dengan menyediakan perangkat yang telah ada ditujukan untuk memperoleh bukti objektif bahwa sistem manajamen dan kinerja Institusi pada setiap elemen yang diaudit. Adr