Apresiasi Kinerja Dosen, Jurusan Sosiologi Beri Penghargaan

Ket. Foto: Penyerahan Simbolik Sertifikat Dosen Terbaik, oleh Ketua Jurusan Sosiologi FISIP Dr Hj Haslinda Badji Msi( Tengah) (Foto. Dok: Narasumber)

Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tadulako (UNTAD) berikan penghargaan dosen terbaik, daam rangka apresiasi kinerja dosen, pada Senin (21/06). Apresiasi kinerja tersebut berdasarkan hasil evaluasi para dosen, dan terpilih 3 dosen terbaik, sebagaimana disampaikan Ketua Jurusan Sosiologi, Dr Hj Haslinda Badji MSi.
“Adapun monitoring dan evaluasi kinerja dosen yang kami lakukan, memiliki beberapa aspek antara lain dalam bidang pendidikan/ pengajaran mengadakan pelatihan metode pembelajaran yang baik, setiap dosen dianjurkan selalu menyiapkan RPS setiap perkuliahan, pengabdian terpadu dengan melibatkan mahasiswa, serta penelitian yang berupaya membangun jaringan untuk kebutuhan jurnal nasional maupun internasional,” tuturnya.
Haslinda menjelaskan bahwa, upaya peningkatan kualitas dosen menjadi faktor penting yang ikut menentukan pencapaian kinerja perguruan tinggi. Peningkatan kualitas yang dapat menjadi keunggulan bagi Untad sangat tergantung pada dosen yang merupakan komponen utama dalam pendidikan.
“Dalam menghasilkan dosen yang berkualitas dan memiliki komitmen yang dibutuhkan monitoring dan evaluasi secara periodik, hasil evaluasi tersebut, akan dibenahi jurusan untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan dosen untuk meningkatkan kinerjanya,” ungkapnya.
Kedepannya Jurusan Sosiologi akan tetap mengevaluasi setiap semester tentang kinerja dosen dan memberikan semangat kepada dosen agar lebih memperbaiki kinerjanya. Jurusan juga memberikan semacam reward dan sertifikat kepada dosen yang berprestasi dalam kinerjanya dalam melaksanakan tugas, agar kelak dosen lebih termotivasi dalam tugas.
“Evaluasi kinerja dosen ini akan terus kami lakukan sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan reward dan punishment, juga sebagai alat untuk membantu dosen dalam upaya melakukan kinerjanya, dan memberikan manfaat bagi jurusan sebagai salah satu sumber informasi dalam perencanaan, pelatihan dan pengembangan dosen,” katanya.
Sementara itu, ketiga dosen terbaik tersebut yakni Prof Dr Sulaiman Mamar, Dr Hasan Muhammad, dan Dr Achmad Herman.
Dihubungi via whatsapp, Dr Hasan Muhammad MSi, berharap agar kedepannya dosen-dosen dapat lebih memaksimalkan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai seorang dosen.
“Sederhananya jadilah pengabdi yang bertanggung jawab, melakukan tri dharma, pendidikan, penelitian, dan pengabdian dikedepankan. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk tetap istiqomah,” tutupnya. Adr