Ikuti Arahan Kemendikbud, Pelaksanaan UTBK Untad 2020 Dibagi 2 Sesi Perhari

Ket. Foto: Yutdam Mudin SSi MSi (Foto: Ryan Muhamad, S.Ak/Humas UNTAD)

Patuhi protokol Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LPMPT), Universitas Tadulako (Untad) gelar Press Conference terkait perubahan sesi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Gedung Rektorat Untad Lantai 1, pada Senin (29/06).
Dilansir dari SultengNews.com Yutdam Mudin SSi MSi selaku Humas LPMPT Untad, menuturkan bahwa perubahan sesi dalam pelaksanaan UTBK dilakukan usai Press Conference dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa waktu lalu.
“Pelaksanaan UTBK akan berlangsung pada tanggal 5 Juli 2020, ada beberapa perubahan yang terjadi beberapa hari yang lalu, sebagaimana konferensi pers dari Kemendikbud, UTBK berubah yang tadinya 4 sesi menjadi 2 sesi,” terangnya.
Kemudian, Ia mengungkapkan rincian dalam 2 sesi yaitu sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai 11.15 dan sesi kedua pada pukul 14.00 sampai pukul 16.00 WITA. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan jeda antara sesi satu dan sesi dua guna menjalankan protokol Covid-19.
“Perubahan itu untuk memberikan ruang dalam menjalankan protokol Covid-19 di sela masing-masing sesi, karena sebelumnya pada 4 sesi, hanya ada selisih waktu 30 menit, dengan berubahnya menjadi 2 sesi dapat memberikan waktu cukup lama menjadi 2 jam 45 menit,” jelasnya.
Lebih Lanjut, Ia menuturkan bahwa melalui jeda waktu ini, tim panitia UTBK diharapkan mampu melaksanakan protokol Covid-19 dalam membersihkan ruangan sebelum dan setelah ujian.
“Sebelum perubahan sesi, jumlah hari pelaksanaan UTBK sebelumnya di Untad adalah 14 sesi yang akan dilakukan selama 4 hari. jika aturan lama digunakan, maka kita mampu menyelesaikan 3 hari setengah saja,” ujarnya.
Masih dalam penyampaian Yutdam, Ia mengatakan bahwa para peserta UTBK diimbau agar melakukan karantina mandiri menjelang pelaksanaan tes, agar tidak terjangkit virus, serta mengikuti protokol yang ada di petunjuk teknis.
“Satgas Covid-19 Untad akan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari masuk ruang ujian, saat ujian dan setelah ujian. Protokol kesehatan sendiri terdiri dari penyemprotan seluruh ruang ujian pada H-1, menyediakan masker tambahan untuk peserta yang lupa, menyiapkan tim untuk mengecek suhu tubuh peserta. Diupayakan pengecekan suhu peserta UTBK dapat dilakukan di bawah 30 menit,” tuturnya dilansir dari untad.ac.id.
Sementara itu pada kesempatan berbeda, terkait akses masuk Untad Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk) Untad, Dr Muhammad Nur Ali MSi menuturkan bahwa protokol kesehatan akan tetap dijalankan secara ketat.
“Dimohon kepada Satuan Pengamanan Untad untuk tetap melakukan pengukuran suhu sesuai protokol kesehatan yang ada dan semua pihak bisa berkoordinasi dengan Satuan Tugas Pengamanan via komunikasi langsung atau media WhatsApp Grup,” tuturnya. Adr

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here