Himarin Perkenalkan Biota Air Tawar Endemik

Ket. Foto: Moh Ikhsan, Ketua Himarin (Foto: dok. Pribadi Narasumber)

Senin (29/06) – Kenalkan Biota Endemik, Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himarin) Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Tadulako (Untad) gelar webinar yang mengusung tema “Mengenal Biota Air Tawar Endemik Sulawesi Tengah” melalui aplikasi virtual Zoom.

Dalam sambutannya, Dr Ir Samliok Ndobe MSi mewakili Ketua Program Studi Akuakultur menyampaikan bahwa sumber daya endemik air tawar di Sulawesi Tengah (Sulteng) merupakan topik yang tepat diangkat, khususnya bagi mahasiswa perikanan, karena mengenal sumber daya sendiri adalah hal yang penting untuk dikuasai.

“Seperti yang kita ketahui, Sulteng berada di kawasan garis Wallace yang memiliki banyak potensi, baik sumber daya perairan maupun sumber daya lainnya yang khas atau endemik  setempat. Oleh karena itu, mari bersama-sama mengikuti kegiatan ini sampai selesai, sehingga ada oleh-oleh yang kita dapatkan berupa ilmu pengetahuan baru dan kalian bisa mengenal sumber daya yang ada di sekitar kalian, khususnya sumber daya perairan,” jelasnya.

Senada dengan penyampaian Dr Samliok, Dewi Solehkha SPi selaku moderator acara sekaligus alumni Himarin mengungkapkan bahwa sangat penting untuk mengenal biota air tawar endemik, sebab keendemikan itu adalah identitas kita sebagai pemilik biota tersebut. Biota air tawar endemik Sulteng memiliki banyak potensi yang mungkin masih belum diketahui, sehingga riset-riset harus terus-wajib dilakukan.

“Kita sebagai masyarakat Sulteng, sebagai pemilik endemisitas biota-biota endemik tersebut harus mulai belajar saat ini untuk melakukan riset, kemudian memperkenalkan biota-biota endemik yang kita punya kepada dunia. Harapan saya melalui kegiatan ini akan ada ide-ide baru tentang riset ikan-ikan endemik muncul, dan untuk adik-adik Himarin  agar semangat terus berkarya mengembangkan riset-riset untuk masyarakat, supaya ilmu perikanan yang sedari dulu dipandang sebelah mata bisa dilirik yang kemudian menjadi trend di kalangan pemuda dan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Moh Ikhsan selaku Ketua Umum Himarin menjelaskan tujuan webinar ini adalah untuk mengenal lebih jauh lagi tentang biota air tawar endemik di Sulteng dan menambah wawasan, khususnya bagi mahasiswa di bidang perikanan.

“Kami menghadirkan empat narasumber yang juga alumni dari Untad, yang mana masing-masing narasumber menjelaskan biota endemik akuatik yang memang belum banyak diketahui oleh orang. Semoga melalui webinar ini dapat menambah wawasan dan pemahaman kita lebih spesifik lagi tentang biota air tawar endemik yang ada di Sulteng,” tukasnya.

Adapun keempat narasumber yang hadir, yakni Diky Dwiyanto SSi membahas Udang Endemik Sulteng, Moh Dahri Kisman SPd MSc membahas Bivalvia Endemik Sulteng, Abdul Gani SPi MP membahas Ikan Gobi Sulteng, dan  Muh Herjayanto SPi MSi membahas Domestikasi Biota Akuatik Endemik Sulteng. NSD

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here