Menyambut Hari Raya Idul Adha, FMIPA dan TP. Al-Ishlah Rencanakan Qurban Bersama

Ket Foto: Flyer Qurban Bersama TP.Al-Ishlah (foto: dok. TP. Al-Ishlah)

Lembaga Taman Pengajian (TP) Al-Ishlah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad), merencanakan kegiatan qurban bersama serta menerima dan menyalurkan hewan qurban. Penyaluran hewan qurban akan dilaksanakan di lokasi Ma’had ,Hikmatussunnah Palu Yayasan Imam Muslim pada hari Raya Idul Adha pada Jumat (31/07).

Moh Jusman selaku ketua umum TP. Al-Ishlah menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sarana dalam pendekatan diri kepada Sang Pencipta dan demi menjalin ukhuwah. Kemudian untuk proses penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban akan dibantu oleh pihak Pesantren Imam Muslim.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjalin ukhuwah, dengan masyarakat yang berada di luar kampus. Saat kondisi pandemik seperti ini, Pimpinan dari Fakultas tidak mengizinkan kami untuk turun langsung baik saat penyembelihan maupun pendistribusian, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kami hanya menyalurkan hewan qurban yang terkumpul ke pihak pondok pesantren Imam Muslim. Nantinya, semua proses yang dilakukan baik penyembelihan dan pendistribusian dikelola oleh pihak pondok pesantren Imam Muslim yang pastinya akan dilakukan dengan protokol-protokol yang telah ditentukan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan pada tahun ini pertama kalinya proses membeli dan memilih hewan qurban dilakukan bersama-sama pihak Fakultas, serta suasana tersebut sangat istimewa, karena pengurus lembaga dapat berinteraksi secara langsung dengan pihak fakultas dalam membahas kegiatan agama.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang memilih dan membeli hewan qurban hanya panitia saja. Tahun ini kali pertama pengurus dan pihak Fakultas bersama-sama turun langsung untuk memilih dan membeli hewan qurban. Suasana ini merupakan hal yang istimewa karena kami dapat berinteraksi secara langsung dan membahas mengenai kegiatan agama, tidak seperti biasanya yang banyak membahas mengenai akademik dan pelayanan di Kampus,” tuturnya.

Sementara itu, Wawan selaku koordinator Humas menyatakan sebenarnya kegiatan berqurban ini rutin dilaksanakan di luar Kota Palu, tetapi karena dampak pandemik covid-19 sehingga dilakukan kerja sama dengan pihak Yayasan Imam Muslim.

“Kegiatan rutin ini termasuk dalam proker TP. Al-Ishlah yang bertemakan qurban untuk pelosok negeri dimana qurban ini dilaksanakan di luar Kota Palu. Tahun ini sangat berbeda dengan kegiatan qurban tahun sebelumnya dikarenakan dampak dari covid-19. Sehingga dilakukan kerja sama dengan Yayasan Imam Muslim sebaga pihak penyelenggara penyembelihan hewan qurban nantinya,” ujarnya. Er