Peduli Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian, HMB Lakukan Pengumpulan Donasi

Ket Foto: Flyer Aksi Peduli Sesama (foto: dok. HMB)

Peduli dampak Covid-19, Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) lakukan open donasi selama satu bulan dengan tema “Aksi Peduli Sesama”, hasil donasi tersebut disalurkan ke masyarakat di Kota Palu pada Selasa-Kamis (14-16/07).

Melalui WhatsApp, Nurul Azizah selaku Koordinator Divisi Kerohanian menuturkan, bahwa tema yang diangkat berasal dari dampak pandemi Covid-19 yakni pada bidang perekonomian, terutama kepada para pekerja informal yang tidak mendapat kebijakan WFH (Work From Home).

“Tema kegiatan yaitu ‘Aksi Peduli Sesama’, alasan kami memilih tema tersebut  dikarenakan pada masa pandemi covid-19 seperti ini banyak yang terdampak keadaan ekonominya. Seperti pekerja informal belum lagi kebijakan WFH (Work From Home) tak pernah berlaku bagi mereka, oleh karena itu kami berinisiatif mengadakan kegiatan ini dengan harapan dapat sedikit meringankan beban mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa sembako hasil donasi akan diberikan kepada masyarakat yang telah disurvei dan diwawancarai, Ia juga mengatakan bahwa penerima yang diutamakan adalah pekerja harian di jalanan.

“Awalnya kami melakukan survei ke tempat-tempat yang ada di kota Palu, yang mana ditempat tersebut kami melihat mereka yang mengalami dampak ekonomi. Setelah itu kami melakukan wawancara, mengenai kondisi mereka dengan izin pengambilan video sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan. Kriteria masyarakat yang utama berhak menerima bantuan ialah pekerja harian di jalanan, serta target yang ingin dicapai ialah dapat mengumpulkan sebanyak-banyaknya donasi. Dalam hal ini berupa uang maupun sembako sehingga sebagian besar pekerja harian yang ada di Palu dapat tersalurkan bantuan apalagi mereka yang terdampak oleh pandemi covid -19 ini,” jelasnya.

Sementara itu Safira mahasiswa jurusan Biologi angkatan 2018 mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama, serta ia menyampaikan harapannya agar dengan kegiatan itu bisa meringankan sedikit beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tanggapan saya mengenai kegiatan ini, pelaksanaannya sangat tepat dan bukan hanya sebatas donasi. Namun gerakan dengan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama, serta sebagai salah satu perwujudan aksi nyata Mahasiswa dalam membantu masyarakat yang terdampak krisis ekonomi, akibat Pandemik Covid-19. Terutama bagi pekerja harian di jalanan dan harapannya kepada penerima donasi dapat terbantu dan merasakan sedikit keringanan dalam  memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” ungkapnya. Er

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here