Webinar Jurusan Farmasi dan HIMAFAR Bahas Studi Impian Sekolah di Luar Negeri

Ket. Foto: Ketua Panitia Webinar, I Putu Sanjaya (Foto: Dok. Pribadi)

Jurusan Farmasi dan Himpunan Farmasi (Himafar) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) baru saja menggelar webinar chapter 1 yang bertajuk “Mewujudkan Impian Untuk Melanjutkan Studi Farmasi di Luar Negeri” melalui aplikasi Zoom pada Sabtu (11/07).

Moh. Rifaldi Faturrahman selaku ketua umum mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada peserta yang mengikuti webinar kali ini. Ia juga menambahkan bahwa awalnya jumlah peserta ditargetkan sebanyak 300 orang. Namun, ternyata saat pelaksanaan kegiatan jumlah peserta bertambah menjadi 808 orang.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh peserta webinar. Perasaan saya sangat senang dan tidak menyangka karena dalam waktu 5 jam kami sudah mendapatkan lebih dari 700 peserta. Yang mana target peserta yang kami targetkan hanya 300 sesuai kapasitas zoom. Di akhir penutupan pendaftaran ada sekitar 808 orang yang mendaftar. Untuk itu, agar tidak mengecewakan peserta yang telah mendaftar, maka sebagian peserta dialihkan melalui live streaming youtube,” ungkapnya.

Webinar tersebut menghadirkan empat narasumber yaitu: apt Syariful Anam PhD (PhD from University of Copenhagen, Denmark), apt Yonelian Yuyun MSi (PhD Candidate at Chulalongkorn University, Thailand), apt Safarudin MFarm MEpid (4th-year PhD Student at west Virginia University, USA) dan apt M. Sulaiman Zubair PhD (PhD from King Abdul Aziz University, Saudi Arabia).

“Dalam pemaparan materinya, semua narasumber memberikan motivasi, tips dan trik melanjutkan studi ke luar negeri berdasarkan pengalaman narasumber masing-masing. Tak lupa, narasumber membagi informasi terkait beasiswa ke luar negeri baik dari segi makanan, adaptasi lingkungan, dan lainnya. peserta webinar diajak keliling dunia, mulai dari Eropa/Denmark ke Thailand, selanjutnya ke Amerika dan terakhir ke Saudi Arabia,” pungkas Rifal.

Pada kesempatan yang sama, I Putu Sanjaya selaku ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan webinar adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai kefarmasian, termasuk melanjutkan studi ke luar negeri.

“Webinar ini terdiri dari 3 chapter. Setiap chapter memiliki tema yang berbeda-beda. Kami melakukan kolaborasi bersama jurusan untuk mengadakan kegiatan ini. Tujuannya untuk penyebarluasan informasi terutama tentang Covid-19, motivasi memperoleh beasiswa ke luar negeri, juga untuk memperkenalkan diri dari Farmasi Untad salah satunya melalui kegiatan seperti ini. Selain itu, dari Himafar sendiri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta ajang pengembangan diri anggota Himafar,” jelasnya.

Diakhir wawancara, ia berharap setelah pelaksanaan webinar, peserta dapat meningkatkan produktifitas di tengah pandemi dan aktif berorganisasi walaupun secara virtual.

“Kami berharap setelah pelaksanaan webinar ini bisa meningkatkan produktifita mahasiswa dimasa pandemi Covid-19, dapat menjadi ajang untuk tetap aktif dalam berorganisasi secara virtual, serta juga sebagai ajang untuk terus melakukan upgrading ilmu kita sebagai farmasis nantinya sesuai dengan slogan ‘Nine Star of Pharmacy’ yakni ‘Long Life Learner’ atau sebagai pelajar sepanjang hidup,” harapnya. Rin

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here