Kemerdekaan dan Dies Natalis, sama-sama momentum Untuk Berefleksi

Rasa nasionalisme pada bulan Agustus menjadi meningkat berkali-kali lipat. Tidak peduli usia, asal punya sosial media, dan aktif, menjadikan ragam postingan terkait kemerdekaan republik ini. Seolah pada media sosial segala rasa bermuara. Rasanya mudah sekali membela Indonesia. Tetapi terlepas dari niatan itu semua, tidak siapapun mampu mengklaim satu sama lain. Terpenting, pada bulan Agustus ini, bagi Universitas Tadulako, menemui 2 momen perayaan, HUT RI dan Dies Natalis Untad. Artinya, ada dua kesempatan untuk berefleksi menjadi sebaik-baik warga negara dan masyarakat Untad. Sehingga, pada masa ini, tidak hanya bersuka ria belaka.

Usia 75 tahun, Indonesia melewati banyak hal. Tentu saja kita menelaah semuanya dengan kemasan-kemasan pemberitaan. Kasus penyiraman air keras, batas laut, dan lainnya. Pun pada Untad, berbagai peristiwa dilewati. Terlebih kasus penipuan melalui pesan sms, messenger, telepon, yang mengatasnamakan Untad, yang membawa nama mulai dari Dekan hingga Rektor.

Pada usia 39 tahun, usia yang sudah cukup matang dan dewasa, tentunya Untad mendapatkan berbagai macam keresahan pribadi civitas akademika. Mahasiswa baru, mahasiswa yang sedang tugas akhir, dosen yang sedang studi, pegawai yang lembur, dan segalanya. Karenanya, pada masa-masa berefleksi ini, baiknya tidak hanya fisik yang terlihat. Kebebasan berpendapat dan mengekspresikan diri tidak dibatasi tetapi dibimbing.

Sebab, merdeka sejatinya adalah kebebasan. Bebas menentukan, dan tentunya harus bertanggung jawab. Sehingga Untad satu hati satu nafas dan satu keluarga tidak sekadar wacana. Kemerdekaan, kebebebasan, hari lahirnya ide dan lain-lain, diperlukan untuk tetap memberi berefleski. Apa yang sudah baik, apa yang harus diperbaiki, dan apa yang harus dipertahankan.

Dirgahayu Republik Indonesia.

Selamat Dies Natalis Untad.

Semoga kelas menjadi manusia yang mampu dan mau berproses.

- A word from our sponsor -

spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here